Macam Kondensator (Kapasitor)


Macam Kondensator (Kapasitor)


Kondensator / kapasitor adalah salah satu jenis komponen elektronika pasif yang mempunyai fungsi dasar sebagai komponen yang dapat menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara. Satuan yang dipakai adalah Farad. Nama ini diambil dari penemunya yaitu Michael Faraday yang berasal dari negara Inggris.

Satuan Farad pada kondensator sebenarnya sebuah ukuran satuan yang sangat besar, maka dari itu dalam penerapannya menyesuaikan dengan kebutuhan dalam rangkaian yang pada umumnya, maka satuan Farad jarang/tidak ditemukan. Kita akan menemukan satuan kondensator sudah diperkecil menjadi pico Farad ( pF ), nanoFarad ( nF ) dan mikro Farad (mF / uF ). Dan perbandingannya bisa kita lihat seperti keterangan berikut :

1 Farad      =  1.000.000 mikro Farad ( uF )
1 uF           =  1.000 nano Farad (nF )
1 uF           =  1.000.000 pico Farad ( pF )
1 nF           =  1.000 pico Farad ( pF )

Kondensator / kapasitor adalah komponen elektronika yang didalamnya terdiri dari dua buah plat logam konduktor yang terpisah yang terbungkus isolator. Dalam penerapannya di rangkaian elektronika kondensator di simbolkan dengan huruf C.

Kondensator merupakan komponen yang termasuk paling banyak digunakan dalam penerapannya dalam rangkaian elektronika selain resistor. Hal ini dikarenakan banyaknya fungsi dan kegunaan dalam kinerja suatu rangkaian elektronika. Dan berikut beberapa fungsi dan kegunaan kondensator

1. Sebagai penyimpan arus dan tegangan
2. Sebagai Filter dalam rangkaian Regulator / Power Suppy
3. Sebagai konduktor yang dapat melewatkan arus listrik AC ( Alternating Current )
4. Sebagai kopel / kopling / penghubung dalam suatu rangkaian
5. Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian oscilator
6. Sebagai pemilih frekuensi / gelombang ( kondensator variable )


Jenis Kondensator / Kapasitor

A. Kondensator Nilai Tetap

  1. Kondensator Keramik
  2. Kondensator Polyester
  3. Kondensator Kertas
  4. Kondensator Mika
  5. Kondensator Elektrolit
  6. Kondensator Tantalum

B. Kondensator Variable ( Varco / Variable Condensator )

  1. Kondensator Variable ( Varco )
  2. Kondensator Trimmer


Penjelasan Jenis Kondensator

Kondensator Keramik

Kondensator keramik adalah kondensator yang isolatornya berbahan keramik tidak mempunyai polaritas, dalam pemasangannya bisa bolak-balik dan bentuk fisik umumnya bulat tipis. Nilai kondensator keramik biasanya tersedia berkisar antara 1 pF sampai 0,001 uF. Pada masa sekarang kondensator keramik yang di rancang makin kecil menyesuaikan dengan kebutuhan peralatan elektronika yang makin kecil juga. Kapasitor ini dinamakan chip capasitor dan hanya bisa dipasang dalam rangkaian menggunakan Mesin produksi SMT ( Surface Mount Technology ) yang mempunyai kecepatan tinggi.


Macam Kondensator (Kapasitor)


Kondensator Polyester

Kondensator Polyester adalah kondensator yang isolatornya terbuat dari bahan polyester dengan bentuk fisik persegi empat dan tidak mempunyai polaritas.


Macam Kondensator (Kapasitor)



Kondensator Kertas

Terbuat dari bahan kertas, tidak mempunyai polaritas dan umumnya tersedia dengan nilai antara 300 pF sampai 4 uF


Macam Kondensator (Kapasitor)


Kondensator Mika

Kondensator ini terbuat dari bahan mika tidak mempunyai polaritas maka bisa di pasang bolak-balik dan umumnya tersedia nilai antara 50 pF sampai 0,002 uF

Macam Kondensator (Kapasitor)


Kondensator Elektrolit (Elco)

Kondensator ini terbuat dari bahan cairan  elektrolit (Electrolyte) dan berbentuk tabung. Kondensator ini mempunyai polaritas positif  (+) dan negatif (-). Kondensator elektrolit (Elco) bahan pembungkusnya terbuat dai aluminium kemudian dibungkus lagi dengan bahan plastik yang bertuliskan nilai kondensator dan batasan tegangan maximum. Untuk diperhatikan kondensator jenis Elco ini tidak bisa di pasang terbalik, dan melampai batas tegangan yang tertera di badan elco, komponen ini akan pecah atau meledak.

Macam Kondensator (Kapasitor)



Kondensator Tantalum

Kondensator ini mempunyai polaritas positif (+) dan negatif (-) bahan isolatornya juga dari elektrolit. Komponen ini disebut kapasitor Tantalum karena bahannya dari logam tantalum untuk terminal anodanya (+). Kelebihan kondensator Tantalum ini adalah dapat bekerja dengan baik pada suhu yang tinggi dan memiliki kapasitansi yang besar tetapi bentuk ukuran fisik biasanya kecil tetapi soal harga lumayan mahal. Komponen ini banyak digunakan pada perangkat elektronika seperti komputer atau gadget lainnya.


Macam Kondensator (Kapasitor)



Kondensator Variable

Kondensator ini intinya adalah kondensator yang dapat di atur-atur dan nilai kapasitansinya pun dapat berubah-ubah. Banyak digunakan pada perangkat elektronika terutama Radio Penerima Analog. Biasanya nilai kapasitansi berkisar antara 100 pF sampai 500pF

Macam Kondensator (Kapasitor)


Kondensator Trimmer

Kondensator ini dapat diubah-ubah juga nilainya dan bentuknya kecil, untuk pengaturannya cukup menggunakan obeng kecil. Banyak digunakan untuk keperluan fine tuning dan biasanya nilai kapasitansinya kecil maksimal sampai 100 pF (kalau gak salah)


Macam Kondensator (Kapasitor)



Dalam penerapan praktek terkadang kita tidak menemukan nilai sebuah kondensator seperti yang kita inginkan, sebagai saran gunakan nilai kondensator yang mendekati. Untuk membantu keperluan ini saya sertakan rumus untuk menghitung nilai komponen jenis ini seperti berikut ini :

Rumus untuk kapasitor dengan rangkaian paralel

C total  =  C1+C2+C3
C total  =  20 +20 +20
C total  =  60 uF


Rumus untuk rangkaian seri

1/C Total  =  1/C1+1/C2+1/C3
1/C total   =  1/22 +1/22+1/22
1/C total   =  3/22  = 22/3  =  7,33 uf

Demikian tulisan saya kali ini semoga ada guna dan manfaatnya dan akan saya sambung lagi di tulisan saya yang berikutnya

Subscribe to receive free email updates: