Cara Memulai Microsoft Word 2016

mengenal ms word 2016


Microsoft Word 2016 adalah aplikasi pengolah kata yang memungkinkan sobat membuat berbagai dokumen, termasuk surat, resume dokumen, dan lainnya. Dalam pelajaran ini, sobat akan belajar menavigasi antarmuka Word dan akan menjadi terbiasa dengan beberapa fitur terpentingnya, seperti Ribbon, Quick Access Toolbar, dan Backstage view.

Mengenal Word 2016

Word 2016 mirip dengan Word 2013 dan Word 2010. Jika sebelumnya sobat pernah menggunakan salah satu versi tersebut, maka Word 2016 seharusnya tidak terasa asing. Tapi jika baru mengenal Word atau sobat hanya memiliki lebih banyak pengalaman dengan versi lama, sobat harus terlebih dahulu meluangkan waktu untuk mengenal antarmuka Word 2016.

Interface Word / Antarmuka Word

Saat sobat membuka Word untuk pertama kalinya, yaitu pada Start Screen, sobat dapat membuat dokumen baru, memilih template, dan mengakses dokumen yang baru diedit. Pada Start Screen, cari dan pilih Blank document (Dokumen kosong) untuk mengakses antarmuka Word.

Cara membuka word 2016 untuk pertama kali



Bekerja pada lingkungan Word

Seperti versi terbaru lainnya, Word 2016 terus menggunakan fitur seperti Ribbon dan Quick Access Toolbar di mana sobat akan menemukan perintah untuk melakukan tugas umum di tampilan Word-and Backstage.

Ribbon

Word menggunakan sistem Ribbon tab bukan menu tradisional. Ribbon berisi banyak tab / multiple tab, yang dapat sobat temukan di dekat bagian atas jendela Word.

multiple tab ribbon


Setiap tab berisi beberapa kelompok perintah yang terkait (groups of related commands). Misalnya, grup Font pada tab Home / Beranda berisi perintah untuk memformat teks dalam dokumen sobat.

cara memulai dan membuka group ribbon


Beberapa kelompok juga memiliki small arrow / panah kecil di pojok kanan bawah yang bisa sobat klik untuk lebih banyak pilihan.

cara menampilkan ribbon


Cara Menampilkan dan Memnyembunyikan Ribbon

Jika sobat menemukan bahwa Ribbon terlalu banyak ruang di layar (screen space), sobat bisa menyembunyikannya. Untuk melakukan ini, klik panah Pilihan / Ribbon Display Option di pojok kanan atas Ribbon, lalu pilih opsi yang diinginkan dari menu drop-down:

cara menyembunyikan dan menampilkan ribbon

  • Auto-hide Ribbon: Menyembunyikan otomatis menampilkan dokumen Anda dalam mode layar penuh dan benar-benar menyembunyikan Ribbon dari tampilan. Untuk menampilkan Ribbon, klik perintah Expand Ribbon di bagian atas layar.

  • Show Tabs / Tampilkan Tab: Opsi ini menyembunyikan semua grup komando saat tidak digunakan, namun tab akan tetap terlihat. Untuk menampilkan Ribbon, cukup klik tab.

  • Show Tabs and Commands: Opsi ini memaksimalkan Ribbon. Semua tab dan perintah akan terlihat. Pilihan ini dipilih secara default saat Anda membuka Word untuk pertama kalinya.

Untuk mempelajari cara menambahkan tab dan perintah khusus ke Ribbon, sobat bisa membaca tutorial lainnya tentang Menyesuaikan Ribbon / Customizing The Ribbon.

Menggunakan fitur Tell me

Jika sobat mengalami masalah dalam menemukan perintah yang di inginkan, fitur Tell Me dapat membantu. Ini bekerja seperti bar pencarian biasa: Ketik apa yang sobat cari, dan daftar pilihan akan muncul. Anda kemudian bisa menggunakan perintah langsung dari menu tanpa harus menemukannya di Ribbon.

cara menggunakan fitur tell me ms word 2016



Quick Access Toolbar

Terletak tepat di atas Ribbon, Quick Access Toolbar memungkinkan sobat mengakses perintah umum tidak peduli tab mana yang dipilih. Secara default, ini menunjukkan perintah Save, Undo, dan Redo, namun sobat dapat menambahkan perintah lainnya tergantung pada kebutuhan sobat.

Menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar:

  • Klik panah drop-down di sebelah kanan Quick Access Toolbar.
cara membuka quick acces toolbar

  • Pilih perintah yang ingin Anda tambahkan dari menu.


Menambahkan perintah Quick Print ke Quick Access Toolbar ms word 2016

  • Perintah akan ditambahkan ke Quick Access Toolbar.
Perintah Quick Print pada Quick Access Toolbar


The Ruller (Penggaris)

The Ruller terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen sobat. Ini memudahkan penyesuaian dokumen dengan presisi. Jika mau, sobat bisa menyembunyikan Ruller untuk membuat lebih banyak ruang layar (screen space).

Cara menampilkan atau menyembunyikan Ruller:

  • Klik tab View.

cara menampilkan dan menyembunyikan ruller ms word 2016


  • Klik kotak centang Ruller untuk Show atau Hide Ruller.
cara menampilkan dan menyembunyikan ruller ms word 2016

Backstage View

Backstage view memberi Anda berbagai pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak, dan berbagi dokumen sobat. Untuk mengakses tampilan Backstage, klik tab File pada Ribbon.

cara membuka menu backview


View Dokumen dan Zooming

Word memiliki berbagai pilihan tampilan yang mengubah bagaimana dokumen sobat ditampilkan. Sobat dapat memilih untuk melihat dokumen dalam Read Mode, Print Layout, atau Web Layout. Pandangan ini bisa berguna untuk berbagai tugas, terutama jika Anda berencana untuk mencetak dokumen. Anda juga dapat memperbesar dan memperkecil agar dokumen Anda mudah dibaca.

Swiching tampilan/view dokumen

Beralih antara tampilan dokumen yang berbeda mudah dilakukan. Cari dan pilih perintah melihat dokumen yang diinginkan di pojok kanan bawah jendela Word.

  • Read Mode: Tampilan ini membuka dokumen ke layar penuh. Pandangan ini sangat bagus untuk membaca teks dalam jumlah besar atau hanya meninjau karya Anda.


cara merubah ms word 2016 ke read mode


  • Print Layout: Ini adalah tampilan dokumen default di Word. Ini menunjukkan seperti apa dokumen itu pada halaman cetak.


cara berpindah ke print layout ms word 2016


  • Layout Web: Tampilan ini menampilkan dokumen sebagai halaman web, yang bisa membantu jika Anda menggunakan Word untuk mempublikasikan konten secara online.


cara berpindah ke mode web layout ms word 2016


Memperbesar dan memperkecil

Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan, klik dan seret panel kontrol zoom di pojok kanan bawah jendela Word. Anda juga dapat memilih perintah + atau - untuk memperbesar atau memperkecil tampilan dengan penambahan yang lebih kecil. Angka di samping slider menampilkan persentase zoom saat ini, yang juga disebut tingkat zoom.




Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Memulai Microsoft Word 2016"

Suci Aprilia said...

ini udah cepet bgt perkembangannya aku aja masih pake ms word 2007 ini udah ada muncul lagi office 2016