Mengenal CWM Dan TWRP Android

www.edipurwanto2.com

Mengenal CWM Dan TWRP Android. Istilah CWM dan TWRP tentunya sudah tidak asing lagi bagi sobat  semua penggemar dan pengguna Smartphone atau Android terutama yang suka utak atik system Android (pengguna yang sudah melakukan Root pada Hp Android). CWM dan TWRP adalah software atau program recovery yang bisa menggantikan system recovery basic pada Android, tetapi CWM dan TWRP tentunya lebih baik dan lebih lengkap dibandingkan dengan dengan recovery bacic bawaan perangkat android. Menurut beberapa sumber pengguna CWM lebih banyak dibandingkan dengan TWRP. Mungkin karena CWM sangat familier keberadaannya hingga ada yang mengatakan mereka sudah memasang CWM pada perangkat androidnya padahal yang telah diinstall adalah TWRP.

Menurut saya karena CWM dan TWRP mempunyai fungsi atau kegunaan yang sama maka banyak yang beranggapan CWM adalah TWRP atau TWRP sama dengan CWM. Tetapi memang secara umum para pengguna android lebih banyak menggunakan recovery CWM dibanding TWRP. Tetapi pada dasarnya perangkat android sudah memiliki recovery, dimana recovery tersebut berfungsi untuk mengembalikan perangkat android itu sendiri kembali seperti semula (factory setting), menghapus chache, install rom, bahkan sampai ke backup dan restore. Dan fungsi itu semua terdapat pada CWM maupun TWRP.

Pengertian dan Fungsi CWM

CWM yang nama panjangnya ClockWorkMod adalah sebuah sebuah software atau program recovery atau disebut juga recovery mode yang sudah di costumisasi dengan berbagai fitur tambahan sehingga memungkinkan kita untuk melakukan proses seperti backup & restore rom, install Custom Rom, dan kelebihan lain yang tidak terdapat pada recovery mode standard/basic. CWM Recovery yang diterapkan pada perangkat Android bentuk fungsinya hampir serupa dengan recovery default. Tampilan dari CWM biasanya hampir sama dengan recovery standard/basic. Dan biasanya cara pengoperasian CWM hanya dapat dilakukan dengan menggunakan tombol power, volume up dan volume down yang ditekan secara bersamaan. Berikut ini contoh tampilan dari CWM

www.edipurwanto2.com


Pengertian Dan Fungsi TWRP

TWRP nama panjangnya adalah Team Win Recovery Project. TWRP sendiri adalah Recovery open-source untuk android yang sudah support touchscreen. Secara keseluruhan fungsi dari TWRP sama dengan CWM, hanya dibedakan dari tampilan dan cara pengoperasian. Gambar dibawah ini adalah contoh tampilan dari TWRP.

www.edipurwanto2.com


Dari keterangan tersebut diatas saya berani memberikan kesimpulan bahwa pada dasarnya fungsi CWM dan TWRP adalah sama, yang membedakannya adalah bentuk tampilan dan cara pengoperasiannya yaitu TWRP sudah bisa touchscreen dan CWM masih menggunakan tombol Power, volume up dan volume down.

Fungsi Umum Recovery CWM dan TWRP

Reboot System Now = Untuk restart ulang Android
Apply Update from Sdcard = untuk memilih file dalam SD Card (dalam bentuk atau format zip)
Wipe data/factory reset = untuk reset data pabrik/kembali ke pengaturan awal Android
Wipe cache partition = untuk menghapus cache dalam partition
Apply Update zip =  untuk memilih file dalam bentuk .zip biasanya digunakan pada saat "Root" dan "Upgrade"
Backup and Restore = untuk mem-backup seluruh data pada ponsel sebelum melakukan instal atau flash agar ponsel tetap aman.
Advanced = dipilihan ini terdapat banyak pilihan yang tersedia, salah satunya partisi SD Card.
Fungsi CWM

Demikian tulisan saya tentang Mengenal CWM Dan TWRP Android serta beberapa fungsi dari recovery yang telah saya sebutkan diatas. Semoga ada guna dan manfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal CWM Dan TWRP Android"