Software Atau Aplikasi Yang Wajib Diinstall Di Komputer Atau Laptop

Software Atau Aplikasi Yang Wajib Diinstall Di Komputer Atau Laptop

Software yang harus terinstall di PC atau Laptop adalah sesuatu hal yang perlu untuk diketahui terutama bagi sobat atau teman-teman yang baru mengenal komputer baik PC maupun Laptop. Seperti halnya dengan saya sendiri, pada awal mengenal komputer saya sempat menginstall beraneka ragam software atau aplikasi karena didorong rasa penasaran dan ambisi yang besar untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang disediakan oleh software atau aplikasi yang saya inginkan.

Memang tidak ada aturan atau larangan untuk menginstall software apa saja dalam komputer kita, tetapi dengan banyaknya software atau aplikasi terinstall sebenarnya membuat banyak kerugian, diantaranya dapat mempersempit ruang penyimpanan baik di memory maupun harddisk, artinya hal tersebut adalah sebuah pemborosan, pengaruh lainnya adalah dapat memperlambat proses loading komputer kita.

Tidak ada salahnya juga menginstall banyak software tapi sangat disarankan menginstall software atau aplikasi yang perlu atau yang sesuai dengan kebutuhan kita saja. Dalam hal ini jenis aplikasi tentunya juga berbeda-beda tiap orang tergantung bidang yang dimiliki masing masing.

Apabila teman-teman sudah melakukan tindakan yang seperti saya sampaikan diatas tentunya akan membuat kinerja komputer teman-teman akan menjadi maksimal.

Software yang harus terinstal di PC adalah software atau aplikasi yang bisa disebut juga softwarenya aplikasi yang artinya adalah sebuah software yang mendukung aplikasi optional yang akan sobat install di komputer kepunyaan sobat.

Selanjutnya langsung saja kita simak macam softwarenya seperti dibawah ini

1. Driver
Driver merupakan aplikasi yang menghubungkan perangkat keras komputer dengan operating system, sehingga perangkat atau hardware dapat dikenali dan bisa berjalan dengan baik. Driver pada tiap komputer berbeda tergantung brand dan produsen komputer atau laptop atau motherboard. Misalnya driver wifi milik Azus tidak akan sama dengan driver wifi kepunyaan Sony Vaio dan seterusnya.

2. Anti virus
Aplikasi jenis ini wajib terinstall pada komputer untuk menghindari gangguan  atau guna memproteksi komputer dari virus. Aplikasi macam ini banyak pilihanya, sobat bisa menggunakan Avira, AVG, Smadav dan lain sebagainya.

3. Browser
Setiap orang pasti sudah tidak asing dan sangat kenal betul dengan software yang satu ini. Aplikasi ini sangat penting untuk sarana akses data, baik berupa berita, surat elektonik atau email, ilmu pengetahuan umum, software, hiburan dan lain sebagainya. Banyak sekali aplikasi browser yang bisa sobat gunakan diantaranya Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari dan lain-lain.

4. Files Compressed (Kompresi File)
Files Compressed adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk meng-ekstrak atau membuka dan membaca file atau folder yang mempunyai ekstensi RAR atau Zip sehingga sobat dapat menggunakan file yang dimaksud. Dan fungsi kebalikannya adalah mengompres folder atau file menjadi file yang berekstensi RAR atau Zip dan ekstensi lainnya. Aplikasi untuk keperluan ini yang paling banyak digunakan adalah WinRAR dan WinZip.

5. Aplikasi Office
Apikasi ini merupakan bagian penting juga untuk di install dalam komputer  sobat, siapa yang tidak kenal dengan aplikasi atau software jenis ini, apalagi bagi teman yang dalam tugas dan pekerjaannya tidak lepas dari pengetikan dan lainnya. Banyak macam  aplikasi jenis office ini,  aplikasi yang banyak disukai seperti MS Office (versi berbayar) dan Open Office (versi free).

6. Aplikasi PDF Viewer
Begitu banyaknya format file yang sobat kenal ada format jpg, png, mp4 , wmv dan seterusnya, dan tentuya dibutuhkan aplikasi pendukung untuk bisa membukanya, tetapi biasanya aplikasi yang sobat perlukan tidak ada  atau dengan sengaja pihak pabrikan tidak menyediakannya dalam paket aplikasi bawaan, seperti  pembaca file pdf (PDF Viewer). Dengan kondisi yang demikian sobat sepertinya diwajibkan  untuk menginstallnya, Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk keperluan pembacaan file pdf adalah Adobe Reader yang bisa sobat dapatkan di situs resmi Adobe.

7. Downloader
Sebenarnya dan kenyataannya  fitur yang satu ini sudah ada dalam bawaan browser yang kita gunakan baik browser bawaan maupun browser dari pihak ketiga, dan secara otomatis sudah bisa sobat gunakan untuk melakukan pengunduhan atau download file ketika kita meng-klik link download. Tapi sayangnya kinerja fitur download pada aplikasi web browser tidak sesuai dengan harapan kita atau dengan kata lain tidak sebagus dengan fitur yang disediakan oleh aplikasi downloader yang memang dirancang untuk keperluan download. Salah satu aplikasi downloader yang banyak digunakan adalah IDM ( Internet Download Manager)

8. Flash Player
Aplikasi yang ini adalah salah satu pendukung Web Browser sobat, apabila sobat belum memasang software atau belum terinstall di komputer sobat, maka sobat akan kesulitan untuk bisa memutar file video pada situs portal video seperti youtube dan lainnya.

9. DirectX
Software atau aplikasi ini sangat mendukung dalam keperluan yang berhubungan dengan program program multimedia, yang membutuhkan resolusi tampilan tingkat tinggi, salah satunya untuk game. Jadi bagi sobat yang gemar main game PC maka sobat harus menginstall aplikasi atau software ini

10. Net Framework
Mungkin suatu waktu sobat pernah mengalami kegagalan dalam melakukan penginstallan sebuah aplikasi atau software, padahal aplikasi yang akan diinstall 100% support dengan jenis dan type komputer yang sobat miliki. Salah satu penyebabnya adalah Net Frameworknya pendukung belum terinstall dalam komputer atau laptop sobat.


Demikian sedikit tulisan saya  tentang aplikasi atau software yang wajib diinstall di komputer atau laptop, semoga ada guna dan manfaatnya



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Software Atau Aplikasi Yang Wajib Diinstall Di Komputer Atau Laptop"