Removable Battery dan Non Removable Smaartphones

Removable Battery dan Non Removable Smaartphones

Removable battery dan non removable. Sebagian pengguna ponsel banyak yang merasa bingung dalam memilih smartphone dengan banyaknya model, type, jenis juga fitur. Kebingungan semakin bertambah ketika kita dituntut memilih antara smartphone dengan baterai yang dapat dilepas (removable battery) dan smartphone dengan baterai yang tidak dapat dilepas (non removable battery) . Sebelumnya tidak banyak Smartphone dengan baterai yang tidak bisa dilepas, namun belakangan ini ponsel dengan baterai non removable ini semakin banyak ditemukan. Hal ini menjadi sebuah dilema yang serius bagi pembeli atau pengguna smartphone.

Ponsel dengan baterai non removable sebenarnya memberikan kinerja akhir yang sangat tinggi dibandingkan dengan ponsel menggunakan baterai removable yang dapat diganti setiap saat atau pada saat mengalami kerusakan. Sebenarnya hal ini memberikan performa tinggi namun kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa betapa sulitnya merestart sebuah ponsel dengan baterai non removable jika mengalami hang. Dalam uraian berikut ini kami akan membantu Anda menemukan solusi dari dilema atau keraguan anda dalam memilih smartphone

Faktor Reselling

Ponsel dengan baterai removable biasanya bisa dijual dengan mudah dan diimbangi dengan harga tinggi.

Dengan adanya perkembangan industri seluler yang pesat telah menyebabkan peningkatan peluncuran perangkat, peningkatan pengguna ponsel di setiap harinya. Sebuah Smartphone / Phablet / Tablet, baik yang paling high-end sekalipun akan turun juga nilainya seiring berjalannya waktu sehingga pengguna atau pemilik akan menjual perangkatnya dan tentunya akan menggantinya dengan yang jauh lebih baik dan lebih canggih.

Dengan melihat alasan seperti tersebut diatas pembeli atau pengguna yang suka dengan ponsel bekas benar-benar akan lebih memilih ponsel dengan baterai yang dapat dilepas atau baterai removable karena mempercayai ponsel dengan baterai yang tidak dapat dilepas akan sulit dilakukan. Ponsel yang memiliki spesifikasi high-end dengan baterai yang dapat dilepas memiliki peluang tinggi untuk dijual kembali daripada yang tidak dapat dilepas.

Faktor Daya Tahan

Sebagai contoh misal ponsel Anda secara tidak sengaja jatuh ke dalam air. Kemudian Anda tidak bisa membuka tutup chasing atau bagian lainnya maka anda hanya bisa membiarkannya mengering begitu saja. Dan ketika baterai ponsel Anda mengering. Beberapa tindakan Anda tentu ada kendala dan terbatas dengan adanya ponsel dengan baterai yang tidak dapat dilepas / non removable tersebut. 

Namun, jika ponsel dengan baterai removable jatuh ke dalam air, dengan mudah Anda hanya akan melepas baterai, mengeringkan semua bagian dan akan berhasil atau kemungkinan berhasil lebih banyak.

Over Heating (panas berlebihan)

Non-removable bertahan. Jika Anda telah menggunakan smartphone maka satu hal yang pasti Anda alami adalah, "Terjadinya panas berlebih atau over heating", solusi terbaik biasanya adalah melepas baterai. Jadi Anda bisa melepas baterai dan membiarkan telepon Anda dingin untuk mengatasi 'solusi panas berlebih tersebut'.

Tetapi sebaliknya jika ponsel anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas atau non removable, Anda tidak akan bisa mengeluarkan baterai, bisa jadi mengganti ponsel akan memecahkan masalah, dan itu menurut saya bukan ide yang bagus. Dan dalam kasus seperti ini mengeluarkan baterai adalah jauh lebih efektif.

Tetapi menurut saya tidak semua ponsel / smartphone dengan baterai non removable mudah mengalami panas berlebih / over heating, ini terbukti pada dua ponsel saya yang menggunakan baterai non removable dengan merk dan type berbeda hampir tidak pernah mengalami kasus panas berlebih/ over heating dengan penggunaan maximal seperti menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan penggunaan browser yang lama juga.....

Penggantian

Baterai Removable mudah diganti. Setelah menggunakan smartphone untuk waktu yang lama, cadangan baterai tentunya akan berkurang. Terkadang baterai rusak, Dalam kasus seperti itu baterai bisa dengan mudah dibeli dan diganti. Hal ini bisa dengan mudah dilakukan oleh pelanggan sendiri, tanpa membuang banyak waktu

Tapi pada ponsel dengan baterai yang tidak dapat dilepas, jika rusak maka pengguna harus terlebih dahulu membawanya ke pusat servis untuk memeriksa apakah baterai berada dalam kondisi baik atau tidak, jika terjadi kerusakan maka perlu penggantian yang biasanya memerlukan proses yang agak berbelit dan waktu tunggu yang lama 

Kelebihan dari baterai yang tidak bisa dilepas

Ada beda pendapat atau pro dan kontra pada ponsel dengan baterai non removable.

Pendapat Pro

Pendapat yang pro mengatakan tidak banyak kasus yang terjadi pada baterai non removable

Pendapat kontra

Jika Anda mengalami masalah dengan smartphone Anda yang bukan kerusakan baterai,  misalnya ada kesalahan yang berhubungan dengan handset Anda. Anda tetap saja akan membawanya ke pusat layanan kecuali anda punya kebisaan tdalam servis ponsel. Dan di sana mungkin akan mengatakan ada beberapa masalah dengan baterai? Lalu apa yang bisa anda lakukan? Mungkin saja tidak ada jaminan bahwa perusahaan akan mengganti telepon Anda.

Power bank sepertinya  kurang bagus untuk baterai ponsel Anda selain charger bawaan smartphone. Tegangan dari power bank biasanya besar. Tapi bukan berarti tidak boleh lho.

Saat bepergian atau dalam perjalanan kita mencoba mengurangi beban kita sebanyak yang kita bisa. Tidakkah Anda berpikir, dalam kasus seperti itu, smartphone dengan baterai removablu jauh lebih baik daripada baterai non removable dimana Anda hanya perlu memasukkan baterai jika baterai Anda mengalami masalah.

Manufacturer’s POV pada baterai non removable

Menurut produsen dengan adanya baterai non removable adalah memperkenalkan gagasan baru pada customer bahwa baterai non removable akan mengurangi gangguan pada baterai dan bagian integral lainnya dan keamanan yang tinggi hingga untuk melepaskan penutup belakang orang lain tak mudah untuk membukanya. Kemudahan yang disediakan hanya memasukkan sim card dan memory card.  Itu saja

Jika Anda tidak menemukan kelebihan pada baterai non removable , Anda bisa beralih ke smartphone dengan baterai removable . Tapi ada pilihan yang sangat bagus pada keduanya. Jika Anda menyukai smartphone dengan baterai non removable , Anda dapat selalu membawa charger atau power bank kemana saja sehingga smartphone Anda tidak pernah mati kehabisan baterai

Jika Anda merasa terganggu membawa charger atau power bank sepanjang waktu atau Anda suka bepergian maka sebaiknya Anda tidak perlu mencobanya dan langsung beralih saja ke smartphone dengan baterai removable.

Demikian uraian saya, semoga bisa menjadi solusi dan  menjadi sudut pandang bagi Anda. Dan beri tahu saya jika anda punya pendapat lain yang berbeda dengan saya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Removable Battery dan Non Removable Smaartphones"