Mengenal Busybox Dan Fungsinya

www.edipurwanto2.com

Mengenal Busybox Dan Fungsinya. BusyBox adalah perangkat lunak yang menyediakan beberapa stripped-down. Busybox adalah Unix Tool yang merupakan salah satu file eksekusi (Executable File). Busybox bisa  berjalan di berbagai berbagai varian POSIX seperti Linux, Android dan FreeBSD, meskipun banyak alat yang dirancang untuk bekerja dengan antarmuka yang disediakan oleh kernel Linux. Dan untuk Busybox khusus dibuat untuk sistem operasi tertanam dengan sumber daya yang sangat terbatas. Para penulis menyebutnya "The Swiss Army Knife Embedded Linux", sebagai executable tunggal menggantikan fungsi dasar dari lebih dari 300 perintah umum. Hal ini dirilis sebagai perangkat lunak bebas di bawah ketentuan v2 GNU General Public License v2

Busybox awalnya ditulis oleh Bruce Perens pada tahun 1995 dan dinyatakan lengkap untuk penggunaannya pada tahun 1996, BusyBox awalnya ditujukan untuk menempatkan sistem bootable lengkap pada floppy disk tunggal yang akan melayani baik sebagai rescue disk dan sebagai installer untuk distribusi Debian . Sejak saat itu, telah diperpanjang menjadi de facto standar inti ruang pengguna toolset untuk perangkat embedded Linux dan installer distribusi Linux. Karena setiap executable Linux membutuhkan beberapa kilobyte overhead, memiliki program BusyBox menggabungkan lebih dari dua ratus program bersama-sama sering menghemat ruang disk yang besar dan memori sistem.

BusyBox dipertahankan oleh Enrique Zanardi dan terfokus pada kebutuhan Debian sistem boot-disket installer sampai awal tahun 1998, ketika Dave Cinege mengambil alih untuk Router Project Linux (LRP). Cinege membuat beberapa penambahan, menciptakan lingkungan yang membangun termodulasi, dan mengalihkan fokus BusyBox ke dalam tingkat tinggi umum embedded system. Pengembangan LRP melambat pada tahun 1999, Erik Andersen, maka Lineo, Inc., mengambil alih proyek dan menjadi pemelihara resmi antara Desember 1999 dan Maret 2006. Selama ini pasar Linux pertumbuhan makin pesat, dan BusyBox menjadi sangat matang, hingga memperluas kedua basis pengguna dan fungsionalitas. Rob Landley menjadi pengelola pada tahun 2005 dan berlanjut selama beberapa tahun. Sumber Wikipedia

Maka dari itu jika sebuah perangkat android sudah dalam keadaan rooting, sangatlah penting menginstall BusyBox agar kinerja android bisa berjalan lebih optimal. Karena pada tahap-tahap selanjutnya akan ada beberapa proses yang akan meminta kita untuk menginstall Busybox terlebih dahulu.

Fungsi BusyBox

BusyBox adalah sebuah aplikasi untuk menambah perintah-perintah pada android yang sebelumnya tidak ada, dimana perintah-perintah ini bisa diaplikasikan lewat Terminal Emulator. BusyBox menambah file file batch dasar dalam linux seperti free, lsusb, clear, install/uninstall dan lain-lain. Bisa dikatakan BusyBox ini aplikasi yang bisa membuat Android sobat bekerja selayaknya komputer.

Busybox  bisa menjadi tidak penting atau tidak ada artinya bagi sobat jika perangkat android tidak di Root, Sebaliknya aplikasi BusyBox ini akan menjadi penting jika sobat memiliki atau sudah melakukan Root pada android sobat, karena dengan adanya aplikasi BusyBox ini,  android sobat akan menjadi semakin hebat dan canggih karena bisa menjalankan perintah-perintah seperti di komputer, selain itu sobat  juga bisa mengutak-atik atau memodifikasi android lebih dalam lagi.

Cara Install BusyBox

Cara Instal BusyBox sangatlah mudah, download aplikasi BusyBox dari Google Play Store lalu install.  Untuk cara menginstal Busybox bisa sobat perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut :

Persiapan

  1.  Android kondisi Root
  2.  Busybox Pro, Klik Disini
Langkah-langkahnya sbb :

  1.  Buka Busybox.
  2.  Jika ada pilihan  Backup tekan Yes jika ingin dan No jika tidak
  3.  Silahkan tunggu sebentar. 
  4.  Tap install dan pilih Smart Install.
  5.  Reboot dan selesai Busybox sudah terinstall.
www.edipurwanto2.com

Demikian tulisan saya tentang Mengenal Busybox Dan Fungsinya Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Busybox Dan Fungsinya"