Backup dan Restore System Komputer dengan AOMEI

www.edipurwanto2.com

Cara Backup dan Restore Sistem Komputer dengan AOMEI Backuper. Backup adalah salah satu tindakan yang pernah dan sering kita lakukan baik itu backup data , backup system dan lainnya tergantung apa keperluan atau masalah yang kita hadapi terutama tentang system komputer. Melakukan backup biasanya memang langkah yang wajib juga untuk mengantisipasi kegagalan dalam proses instalasi sebuah system, atau kehilangan data dalam perbaikan system komputer dan sebagainya. Selain dari itu sering kali juga sebuah System Operasi Komputer yang kita gunakan mengalami Crash karena terjadi corrupt pada sistem file karena penggunaan atau pemakaian komputer yang sudah cukup lama. Dalam mengatasi hal tersebut, sebagian besar pengguna komputer biasanya melakukan install ulang Siystem Operasi (Operating System).

Memang langkah ini bisa menyelesaikan masalah, tetapi proses installasi ulang sebuah System Operasi membutuhkan waktu yang cukup lama karena yang di install bukan hanya ssystem operasinya saja tetapi juga akan menginstall aplikasi/software pendukung komputer lainnya.

Ada cara lain untuk mengatasi kendala seperti yang saya jelaskan diatas atau Crash pada System Komputer tanpa melakukan install ulang yaitu dengan melakukan Backup dan Restore System. Sebenarnya Windows sudah menyediakan fasilitas System Restore untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jadi ketika terjadi masalah, sistem Windows bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya pada saat file Restore Point dibuat. Tapi terkadang file ini menjadi sarang virus dan malware  karena sebagian besar antivirus tidak melakukan scan pada system restore.

Untuk melakukan backup dan restore sistem komputer dengan mudah adalah menggunakan AOMEI Backuper. Software ini dibuat oleh AOMEI Technology ini bisa digunakan secara gratis bagi pengguna komputer home maupun bisnis.

Backup Sistem Komputer dengan AOMEI Backuper

1. Download dan install AOMEI Backuper pada komputer atau laptop sobat
2. Jalankan aplikasinya.
3. Klik System Backup pada menu Backup

www.edipurwanto2.com

Selanjutnya pada kolom Task Name Anda bisa mengubah nama file image yang akan dibuat. Pada Step1 pilih drive yang akan di backup (system partition dan boot partition). Pada Step2 sobat bisa menentukan lokasi penyimpanan file image yang akan dibuat. Backup Option digunakan untuk memberikan komentar, mengatur kompresi, enkripsi, split file dan sebagainya. Pilihan ini bersifat opsional. Setelah selesai melakukan pengaturan klik Star Backup

www.edipurwanto2.com

www.edipurwanto2.com

Setelah proses backup selesai klik Finish untuk mengakhiri System Backup.

Dalam proses backup menggunakan AOMEI Backuper ini sobat masih tetap bisa melakukan hal lainnya seperti mendengarkan musik, mengetik dokumen, dan seterusnya. Waktu yang diperlukan dalam proses backup pernah dicoba dengan sebuah System sebesar 16 GB memerlukan waktu hingga kurang lebih 10 menit.

Catatan: Backup System sebaiknya dilakukan pada saat selesai install ulang System Operasi dan install aplikasi tambahan lainnya, sebelum terlalu banyak aktivitas ber-internet atau lalu lintas Flashdisk dan install software-software yang tidak terlalu penting. Jadi lakukan backup saat komputer dalam kondisi awal atau fresh sehingga sobat bisa mengembalikan kondisi Windows yang mengalami gangguan nantinya sesuai keinginan sobat tanpa install ulang lagi.

Restore System Komputer dengan AOMEI Backuper

Restore System Komputer dapat dilakukan jika terjadi kemungkinan seperti berikut :

1. Sistem Crash tanpa sengaja atau sebab yang jelas atau karena pemakaian yang lama
2. Terjadi Blue Screen atau System tidak bisa melakukan booting
3. Terinfeksi program berbahaya seperti virus, malware, trojan dan sebagainya
4. Karena kesalahan pengaturan sehingga terjadi perubahan konfigurasi misalnya
5. Ketidakstabilan system karena instalasi software baru
6. Sistem komputer berjalan lambat dan dan sering not responding

Gangguan juga bisa disebabkan faktor lainnya seperti pengaruh sumber daya (aliran listrik sering terputus), kerusakan komponen pendukung, getaran yang berlebihan ataupun panas yang terlalu tinggi.

Berikut adalah cara restore sistem komputer dengan AOMEI Backuper.

Jalankan AOMEI Backuper pilih menu Restore. Klik salah satu daftar System Restore yang pernah dibuat atau mencari file system restore pada Path yang berbeda. Beri tanda centang pada System Reovery kemudian klik Next.

www.edipurwanto2.com

Selanjutnya tunggu hingga proses restore selesai. Setelah proses restore selesai akan muncul pop-up window yang memberitahukan untuk me-restart komputer. Restart komputer atau laptop sobat dan selanjutnya komputer sudah kembali pada kondisi awal dimana sobat melakukan backup system sebelumnya.

Demikian tulisan saya tentang Backup dan Restore System Komputer dengan AOMEI semoga ada guna dan manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Backup dan Restore System Komputer dengan AOMEI"