Macam Software Burning CD/DVD

Macam Software Burning CD/DVD

Burning adalah sebuah proses penulisan data / copy data dari komputer ke dalam sebuah CD/DVD kosong. Data bisa berupa file music,  video dan file lainnya yang memungkinkan untuk disimpan atau dicopy ke dalam sebuah CD/DVD.

Jadi kalau sobat mempunyai CD atau DVD baru / kosong, maka sobat tidak bisa menyimpan atau mengisi begitu saja dengan cara memindahkan data dari komputer ke dalam CD/DVD tersebut seperti melakukan copy data biasa seperti copy ke dalam flash disk.

Sobat memerlukan software atau aplikasi untuk burning CD/DVD agar data di komputer atau laptop bisa dimasukkan ke CD kosong itu. Ada beberapa aplikasi burning yang sering digunakan pengguna komputer yang akan saya sampaikan pada artikel kali ini. Ada beberapa aplikasi burning terbaik yang bisa menjadi pilihan seperti pada uraian berikut ini

1. Nero

Macam Software Burning CD/DVD

Para pengguna komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi burning CD yang satu ini, aplikasi yang cukup populer di kalangan para pengguna windows. Nero menyuguhkan banyak kemudahan bagi setiap penggunanya untuk melakukan burning CD/DVD. Fitur-fitur yang tersedia pada Nero pun terbilang lengkap dengan hadirnya media manager, converter, burner, ripper, serta tersedianya fitur backup & rescue. Sobat hanya perlu memasukan piringan CD ke laptop ataupun PC Anda dan pilihlah fitur sesuai dengan kebutuhan.

2. Ashampoo Burning Studio

Macam Software Burning CD/DVD

Ashampoo Burning Studio juga sebagai salah satu aplikasi untuk burning CD yang direkomendasikan. Tak jauh berbeda dengan aplikasi Nero. Ashampoo Burning Studio sama-sama menyuguhkan fitur-fitur yang tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan burning CD di laptop dan PC. Fitur yang terpasang pada aplikasi Ashampoo Burning Studio seperti burn file / folder, video, musik, juga disk images dengan format file ISO, dan masih banyak lagi. Ashampoo Burning Studio memiliki fitur backup yang mampu melakukan suatu kompresi dan enkripsi pada data.

3. CDBurnerXP

Macam Software Burning CD/DVD

Aplikasi burning CD yang satu ini bukan hanya bisa digunakan pada Windows XP, tetapi untuk sobat pengguna PC dan Laptop berbasis Windows mulai dari 7 bahkan sampai Windows 10 pun bisa menggunakan aplikasi CDBurnerXP yang pastinya memiliki fungsi untuk melakukan burning CD. Aplikasi CDBurnerXP ini mendukung berbagai fitur untuk burning CD seperti burning file ISO ke CD, DVD, HD-DVD bahkan sobat bisa melakukan burning CD dengan file Blu-ray juga.

4. ImgBurn

Macam Software Burning CD/DVD

Seperti halnya dengan aplikasi burning CD yang telah disebutkan pada poin-poin diatas. ImgBurn juga bisa menjadi andalan untuk melakukan burning CD dengan menggunakan PC dan juga laptop. ImgBurn juga didukung dengan file berformat CD, DVD, Blu-Ray, juga format file HD-DVD. Tidak hanya JPG, JPEG dan PNG saja, bahkan ImgBurn juga support dengan file gambar seperti BIN, CCD, CDI, CUE, DI, DVD, GI, IMG, MDS, NRG, PDI juga ISO. ImgBurn juga memiliki 5 mode yaitu Read, Build, Write, Verifiy, dan Discovery.

5. PowerISO

Macam Software Burning CD/DVD

Aplikasi burning CD yang ini terbilang sangat powerfull? Sobat bisa memilih aplikasi PowerISO dan memanfaatkan segala fitur yang terdapat di dalamnya. PowerISO memiliki keunggulan dengan menyertakan burning untuk file berformatkan ISO, BIN, NRG, CDI, DAA, dan format lainnya. PowerISO didukung dengan fitur yang akan memudahkan penggunanya untuk mengekstrak juga membuka file berformat ISO dengan mudah termasuk melakukan mount ISO. Tidak hanya untuk burning CD dengan format ISO saja, PowerISO juga didukung dengan fitur untuk melakukan ripping audio CD ke file berformatkan MP3, FLAC, APE, WMA, BIN, dan lainnya.

6. Active@ ISO Burner

Macam Software Burning CD/DVD

Apakah sobat ingin melakukan burning CD dengan file ISO ke CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD+R, DVD+R DL (Dual Layer), DVD-RW, juga DVD+RW? Aplikasi burning CD Active@ ISO Burner ini adalah solusinya.
Yaitu hanya dengan pilih path lalu pilih target untuk file yang akan di burn. Setelah itu tentukan kecepatan burn, mode, serta jumlah copy yang akan dilakukan. Jika semua telah sesuai dengan perintah yang sobat inginkan, langsung saja tekan burn.

7. Ultimate CD/DVD Burner

Macam Software Burning CD/DVD

Aplikasi yang juga sama memiliki fungsi burning CD ini ternyata tidak hanya untuk CD melainkan untuk burning DVD juga. Selain itu Ultimate CD/DVD Burner memiliki fitur seperti bisa melakukan burning untuk file CD-R, CD-RW, DVD+R/RW, juga DVD-R/RW. Fitur lainnya yang tersedia adalah fasilitas burning data, copy disc, backup, photo album, dan juga membuat ISO CD.

8. Star Burn

Macam Software Burning CD/DVD

Star Burn juga salah satu aplikasi burning CD yang bisa menjadi andalan di PC juga Laptop sobat. Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Star Burn juga memberikan kemudahan dengan beragam fiturnya yang bisa dinikmati oleh siapa saja penggunanya. Melakukan burning CD bisa dilakukan untuk CD di atas CD-R/RW, DVD-R/RW, DVD+R/RW, BD-R/RE, HD-DVD-R/RW dan juga DVD-RAM. Interface yang tersedua pada aplikasi ini pun terbilang sederhana. Sobat tak perlu repot untuk mengambil data yang akan diburn. Langsung drag and drop file ke aplikasi dan siap untuk diburn.

9. InfraRecorder

Macam Software Burning CD/DVD

Sobat juga bisa menggunakan aplikasi InfraRecorder untuk mempermudah dalam melakukan burning CD di laptop juga PC. Aplikasi ini memiliki kemampuan dalam hal menghapus isi CD ataupun di piringan DVD, burn dual layer DVD, copy, dan juga ripping.

Untuk menggunakannya, Anda juga melakukan drag and drop file ke aplikasi InfraRecorder. Jadi, Anda penggunanya tak perlu repot untuk membuka file lagi. Cukup mudah, lengkap, dan praktis. 

10. BurnAware

Macam Software Burning CD/DVD

Dalam melakukan penduplikatan data di PC dan laptop bisa dilakukan dengan cepat dan mudah di aplikasi BurnAware. Aplikasi untuk burning CD yang satu ini memiliki andalan fitur yang sama, yakni untuk melakukan burning CD dari file atau data ke bentuk CD atau DVD. Selain itu juga bisa melakukan burning ISO Images dengan aplikasi BurnAware. Fitur yang tersedia pada BurnAware antara lain seperti burning CD, DVD, bahkan Blue-Ray. Melakukan duplikat untuk CD, DVD, juga Blue-Ray. 

Itulah beberapa aplikasi burning CD yang terbaik menurut saya yang bisa menjadi pilihan yang bisa digunakan di PC juga laptop. Akhirnya semoga berguna dan bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam Software Burning CD/DVD"