Penyearah Setengah Gelombang

Penyearah Setengah Gelombang

Penyearah gelombang listrik dalam Catu Daya atau Power Supply pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu penyearah setengah gelombang, penyearah gelombang penuh dan penyearah dengan Center Tap (CT), Pada sebuah penyearah setengah gelombang (Rectifier Half Wave) adalah penyearah tegangan yang sangat sederhana, terdiri dari komponen elektronika yang tidak lebih dari dioda junction PN tunggal. Circuit diagram bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.
Penyearah Setengah Gelombang
Penyearah Setengah Gelombang

Penyearah adalah bagian dari sebuah rangkaian catu daya. Penyearah merupakan rangkaian dasar yang memiliki fungsi mengubah arus listrik bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Operasi Penyearah Setengah Gelombang

Untuk memahami pengoperasian penyearah setengah gelombang dengan sempurna, harus mengenal teorinya dengan baik. Untuk yang baru mengenal konsep PN junction dan karakteristiknya, disarankan untuk membaca (teori) penyearah setengah gelombang terlebih dahulu.

Pengoperasian penyearah setengah gelombang cukup sederhana. Dalam teori dioda persimpangan (PN junction diode) menjalankan arus hanya dalam 1 arah dengan kata lain, dioda junction melakukan arus hanya jika bias maju (forward bias) sama dengan prinsip dasar penyearah setengah gelombang yaitu untuk mengubah AC menjadi DC. Masukan atau input yang diberikan di sini adalah arus bolak-balik. Tegangan masukan ini dilepas menggunakan transformator. Tegangan yang dikurangi diumpankan ke dioda 'D' dan resistansi beban RL. Selama input atau masukan positif setengah siklus, dioda 'D' akan menjadi bias maju dan selama input negatif setengah siklus, dioda 'D' akan menjadi bias balik (reverse bias). Kita coba mengambil output melewati resistor RL. Karena dioda melewati arus hanya selama satu setengah siklus gelombang masukan, kita mendapatkan output seperti yang ditunjukkan pada diagram. Outputnya positif dan signifikan selama setengah siklus input gelombang positif. Pada saat yang sama output adalah nol atau tidak signifikan selama siklus input negatif setengah gelombang. Ini disebut half wave rectification.

Penjelasan Half Wave Rectification

Ketika unit dioda penyearah tunggal ditempatkan secara seri dengan muatan di atas suplai ac, ia mengubah tegangan bolak-balik menjadi tegangan berdenyut uni-directional, dengan menggunakan satu setengah siklus voltase yang diberikan, setengah siklus lainnya ditekan karena hanya dilakukan dalam satu arah. Kecuali ada induktansi atau baterai di sirkuit, arus akan menjadi nol, oleh karena itu, untuk separuh waktu. Ini disebut half-wave rectification. Seperti telah dibahas, dioda adalah perangkat elektronik yang terdiri dari dua elemen yang dikenal dengan katoda dan anoda. Karena dioda elektron dapat mengalir dalam satu arah hanya dari katoda ke anoda, dioda memberikan konduksi sepihak yang diperlukan untuk pembetulan. Hal ini berlaku untuk dioda dari semua jenis-vakum, terisi gas, kristal atau semikonduktor, logam (oksida tembaga dan tipe selenium) dioda.

(Dioda semikonduktor), karena keuntungan inherennya biasanya digunakan sebagai alat penyearah. Namun, untuk voltase sangat tinggi, dioda vakum dapat digunakan.

Kinerja Penyearah 1/2 Gelombang

Sirkuit penyearah setengah gelombang menggunakan dioda semikonduktor (D) dengan resistansi beban RL namun tidak ada filter pemulusan yang diberikan pada gambar. Dioda dihubungkan secara seri dengan transformator sekunder dan resistansi beban RL. Bagian utama transformator dihubungkan ke supply ac.

Penyearah Setengah Gelombang
Gelombang Input AC
Tegangan ac melintasi kumparan sekunder dan merubah polaritas setelah setiap setengah siklus gelombang masukan. Bentuk gelombang arus keluaran dan tegangan keluaran memiliki bentuk yang sama dengan tegangan masukan ac. Untuk siklus setengah negatif tidak ada daya yang dikirim ke beban.


Penyearah Setengah Gelombang
Output DC Setengah Gelombang 

Dengan demikian tegangan keluaran (VL) yang dikembangkan di resistansi beban RL adalah rangkaian seri positif setengah siklus dari tegangan bolak-balik, sementara level tegangan negatif sangat kecil, Jelas dari gambar bahwa output bukan dc stabil, tetapi hanya sebuah gelombang dc berdenyut. Untuk membuat gelombang output yang halus dan berguna dalam catu daya DC, kita harus menggunakan filter di sepanjang beban. Karena hanya setengah lingkaran gelombang masukan yang digunakan, maka gelombang penyearah setengah gelombang dimulai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyearah Setengah Gelombang"