Software Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika

Software Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika

Dalam ilmu elektronika banyak hal yang perlu dilakukan mulai dari teori dan praktek, menggunakan alat kerja dan alat pendukung,  juga tak terlepas dari membaca suatu gambar rangkaian bahkan juga menggambar atau mendesain skema atau rangkaian. Pada waktu menggambar diagram / skema rangkaian, sepertinya sangat sulit untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang manfaat dan fungsi alat yang bermacam macam jenisnya yang banyak diperkenalkan atau yang kita mengetahuinya.

Bagi orang pecinta pengetahuan di bidang ilmu elektronika,  saya yakin semua membutuhkan alat yang bisa mendukung hobby atau pekerjaan di dunia elektronika tersebut, jadi penting untuk mengetahui alat atau aplikasi pembuat skematic diagram rangkaian mana yang paling sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Kalau memilih yang terbaik mungkin banyak dan gampang ditemukan,  tetapi prakteknya belum tentu aplikasi yang katanya terbaik tersebut sesuai atau cocok dengan yang kita butuhkan

Di dunia internet, komponen-komponen elektronika diwakili dengan simbol. Simbol ini biasanya digunakan dalam representasi 2D dan 3D dari rangkaian diagram. Semua simbol ini dihubungkan dengan garis lurus yang merupakan / mewakili kabel listrik. Mengambil langkah lebih jauh, semua simbol dan garis ini membentuk diagram yang digunakan untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana menghubungkan komponen elektronika secara optimal.

Selanjutnya langkah yang perlu atau harus dilakukan adalah menggunakan alat simulasi untuk mengetahui kekurangan desain dan kinerja skema atau diagram yang telah dibuat apakah sudah bekerja dengan baik atau sebaliknya. Untuk kali ini saya mengeksplorasi beberapa perangkat lunak atau software baik yang online dan perangkat komputer offline untuk menggambar diagram rangkaian.

Software Online Untuk Menggambar Skematik Diagram Rangkaian

Secara umum, alat yang digunakan untuk menggambar diagram rangkaian di browser sederhana dan memungkinkan Anda menghasilkan diagram skematik dengan sekali klik. Salah satu alat online ini bisa dibandingkan dengan perangkat lunak komputer yang dirancang untuk tujuan yang sama. Alasannya sederhana saja. Semua fitur perangkat lunak komputer dapat diimplementasikan pada alat peramban untuk diagram rangkaian.

Dalam artikel ini, saya mencoba memperkenalkan dan membuat daftar beberapa aplikasi online gratis yang berjalan di browser dan berguna untuk menggambar diagram rangkaian.


Online Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika

Dengan daftar lengkap simbol dan komponen elektronik, Skema Ini adalah salah satu alat skematik dan diagram skematik yang paling lengkap, sederhana dan berguna. Alat ini menawarkan dukungan untuk menggambar dan mengekspor sirkuit elektronik sebagai gambar, atau hanya untuk berbagi pekerjaan dengan pengguna lain. Perpustakaan simbol elektronik lengkap membuat pekerjaan lebih mudah bagi semua orang. Skema Ini kompatibel dengan hampir semua web browser dan gratis untuk digunakan.


Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika online

Selain membangun sirkuit, CircuitLab telah mengintegrasikan simulator yang dirancang untuk digunakan oleh siapapun untuk menguji skema elektronik hanya dengan menggunakan browser. Ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan menawarkan analisis komponen elektronik DC atau AC yang akurat. Alat CircuitLab menggunakan gerakan drag-and-drop sementara elemen elektronik dihubungkan dengan klik yang lebih sedikit.
Hal ini dapat digunakan untuk tujuan pendidikan atau oleh penggemar untuk mempelajari konsep elektronik, atau digunakan oleh para insinyur berlatih untuk mengeksplorasi desain dengan cara yang sama seperti alat tradisional.


Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika online

Draw adalah aplikasi diagram online sederhana dan berguna dengan integrasi penyimpanan awan untuk menyimpan file Anda secara online dan mudah mengakses diagram rangkaian dari mana saja dan kapan saja. Alat ini cepat, sederhana dan terpercaya. Draw dibangun menggunakan library JavaScript mxGraph, dan hasilnya adalah aplikasi web dengan pilihan ekspor, banyak simbol dan kemungkinan untuk menanamkan widget sharing.


Webtronics adalah alat online sederhana dan gratis untuk merancang diagram rangkaian skematik. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengekspor skema elektronik sebagai gambar sederhana, dan untuk mengimpor dan mengedit gambar skematik.


Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika online

Falstad adalah simulator sirkuit elektronik yang berjalan di browser sebagai applet Java. Desainnya didasarkan pada warna yang bisa mengindikasikan misalnya tegangan positif atau negatif, dan memungkinkan Anda untuk membangun rangkaian sederhana dengan klik mouse. 


Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika online

EasyEDA adalah alat PCB berbasis web gratis yang hebat untuk siapa saja yang terlibat dalam desain elektronik dan dapat berbagi pekerjaan dengan orang lain. Alat ini memungkinkan Anda untuk mengimpor desain lama dari beberapa alat pembuat rangkaian lainnya, ia memiliki kemampuan untuk mengekspor desain dan hasil simulasi dalam format .PNG atau .SVG, dan dapat menjadi tuan rumah bagi mitra dan kolega Anda jika mereka ingin bekerja. pada proyek Anda


Software Komputer Untuk Menggambar Skematik Diagram Rangkaian

Perangkat lunak komputer menawarkan berbagai cara untuk memanipulasi dan mengatur sirkuit listrik termasuk di sini kemungkinan untuk mengimpor file, berbagi, dan bekerja dengan skema elektronik yang kompleks.

Berikut ini Anda telah menyediakan serangkaian perangkat lunak komputer untuk menggambar dan mensimulasikan sirkuit elektronik dan diagram.


Software Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika
SmartDraw adalah software gratis yang dirancang untuk membuat diagram untuk rangkaian elektronik. Ini memiliki antarmuka yang sederhana dan ramah berdasarkan isyarat drag-and-drop. Alat ini menggunakan perintah sederhana untuk bentuk sementara program secara otomatis menyesuaikan posisi dengan koneksi yang sesuai. YinCAD
Berdasarkan perpustakaan simbol standar dan custom, 


Software Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika

TinyCAD adalah alat open source untuk menggambar diagram rangkaian.


Software Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika

Dia adalah sebuah program untuk menggambar diagram terstruktur.


Software Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika

PSPICE juga tersedia dalam versi siswa dan digunakan untuk menggambar dan mensimulasikan sirkuit analog dan digital.


Software Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika

KiCad adalah perangkat lunak EDA gratis untuk skema profesional dan papan sirkuit tercetak.

FreePCB adalah alat diagram sumber terbuka dan gratis yang dirancang untuk OS Windows dengan dukungan untuk file impor dan ekspor.

Circuit Diagram adalah perangkat lunak open source dan gratis yang digunakan untuk merancang diagram sirkuit elektronik. Alat ini memiliki dukungan untuk mengekspor sirkuit digital di images.

gEDA adalah alat gambar gratis untuk berbagai macam bidang elektronik termasuk desain sirkuit listrik, skematis capture, simulasi, prototyping, dan production.

Solve Elec adalah alat gratis yang digunakan untuk menggambar dan menganalisa sirkuit listrik untuk alternatif dan arus searah. Perangkat lunak ini menawarkan kemungkinan untuk mengintegrasikan dokumentasi dalam proyek ini.

EAGLE PCB adalah perangkat lunak dengan tujuan untuk menawarkan alat desain yang lengkap kepada para ahli di bidang elektronika. Ini telah memasukkan tidak hanya satu modul, namun telah memasukkan tiga modul yang disematkan di satu antarmuka.

EDWinXP bukan hanya alat gambar, ini adalah paket perangkat lunak lengkap yang digunakan untuk merancang produk elektronik. Dari sebuah ide sampai produk akhir banyak tahap, dan semua tahap ini tercakup dalam alat ini. EDWinXP memiliki dukungan untuk desain 3D.

Linear Technology menyediakan berbagai macam alat yang digunakan untuk pemodelan dan simulasi sirkuit elektronik.

NI Multisim adalah alat yang lengkap untuk menggambar sirkuit, dan ini digunakan terutama untuk keperluan pendidikan.

PCB123 perangkat lunak menawarkan rangkaian lengkap alat untuk desain dan sirkuit cetak.

Alat PowerVue didedikasikan untuk insinyur listrik dan digunakan dalam proyek kecil dan menengah. Fitur-fiturnya termasuk menghitung tetes tegangan dan arus cabang dan juga menampilkan tegangan dan vektor arus.

DipTrace adalah alat yang lengkap dan memiliki antarmuka yang ramah untuk menggambar skema. Perpustakaan adalah kotak besar dengan lebih dari 100.000 komponen yang digunakan untuk merancang model 3D. Alat ini menawarkan dukungan untuk sejumlah besar format output agar sesuai dengan berbagai produsen

menawarkan kemampuan untuk mengintegrasikan rangkaian gambar dengan hasil simulasi, dan menawarkan dukungan untuk jumlah analisis yang tidak terbatas.

Tina adalah alat suite desain yang hebat dengan simulasi sirkuit dan untuk desain PCB. 

adalah alat yang lengkap untuk menggambar diagram rangkaian, rencana perakitan, tabel terminal dan daftar bagian.

Kompatibel dengan sistem operasi Windows, Linux, Mac atau Android, Stylus Labs adalah perangkat lunak sederhana yang mendukung format file SVG yang memungkinkan Anda melihat dokumen di browser manapun. 

Inkscape memiliki alat gambar yang canggih untuk diagram dan merupakan salah satu alat perancang untuk pengguna profesional. Ini adalah perangkat lunak bebas dan open-source, yang berjalan pada Windows, Mac OS X, dan Linux.AVSnap

AVsnap adalah software gratis untuk menggambar diagram rangkaian rinci.

OmniGraffle adalah alat gambar serbaguna dengan alat styling yang hebat yang dapat mengatur diagram hanya dengan satu klik. Menggambar
Dengan komunitas pengguna yang besar,

Fritzing adalah alat perancangan yang berguna untuk proyek Arduino. Anda dapat berbagi pekerjaan dengan semua pengguna, atau Anda dapat dibantu oleh orang-orang di komunitas.

Kompatibel dengan Windows dan Mac OS X, LTspice IV adalah simulator SPICE berkinerja tinggi dan tangkapan skematik.

Circuit Diagram adalah tool perancang Windows sederhana untuk membuat diagram sirkuit elektronik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Software Design Scematic Diagram Rangkaian Elektronika"