Macam Dioda

Dioda adalah salah satu komponen aktif selain Transistor, komponen elektronika yang satu ini terbuat dari bahan  semikonduktor dan dikenal ada dua jenis dioda yaitu Dioda Germanium dan Dioda Silicon. Fungsi dasarnya untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah, mempunyai fungsi kebalikannya juga yaitu menghambat arus listrik. Fungsi lainnya sebagai pembatas tegangan dalam suatu rangkaian elektronika. Dan secara umum dioda sering digunakan sebagai penyearah arus listrik dari arus listrik AC ke arus listrik searah atau DC. Bentuk fisik terdiri dari dua kaki / dua kutub, kaki / kutub yang satu dinamakan anoda (+) dan kaki / kutub lainnya adalah katoda (-).

Macam Dioda Menurut Fungsinya

1. Dioda Penyearah (Rectifier Diode)
Dioda ini secara umum merupakan komponen penyearah tegangan yang diberikan pada dioda tersebut yaitu tegangan AC / listrik bolak-balik menjadi tegangan searah / DC. Karasteristik yang dimiliki berbeda-beda tergantung atau sesuai dengan kapasitas tegangan dan arus yang dimiliki

Macam Dioda


2. Dioda Zener
Komponen ini mempunyai kegunaan sebagai penyelaras dan pembatas tegangan dalam suatu rangkaian elektronika, tersedia banyak nilai pada dioda zener ini ada yang nilainya 3,8 volt ada yang nilainya 5,1 volt dan sebagainya. Suatu contoh jika sebuah zener dengan nilai 5,1 volt  dalam sebuah rangkaian menerima tegangan lebih besar dari 5,1 volt maka keluaran tegangan dari dioda zener tersebut sesuai dengan batasan nilai dioda tersebut yaitu tetap 5,1 volt. Dan jika tegangan yang diterima dioda zener tersebut kurang dari 5,1 volt maka keluaran tegangan yang dihasilkan sama dengan tegangan yang diterima atau tegangan input dioda zener tersebut.

Macam Dioda


3. LED (Light Emiting Dioda)
Komponen ini secara umum mempunyai kegunaan sebagai alat tampilan atau peraga, misalnya sebagai lampu idikator, display penunjukan angka dan huruf seperti jam, peraga dalam dunia mikrokontroller dan lain sebagainya. LED memiliki banyak pilihan warna. Kelebihan LED sebagai lampu indikaor atau display peraga adalah mempunyai umur / life time yang panjang dan hemat energi atau konsumsi daya yang rendah.

Macam Dioda


4. Dioda Photo (Dioda Cahaya)
Komponen ini mempunyai kegunaan kebalikan dari fungsi komponen LED, Dioda Photo bekerja atau menghasilkankan arus jika menerima cahaya. Besarnya keluaran arus tergantung dari besarnya cahaya yang diterima komponen tersebut. Dioda Photo banyak dipergunakan sebagai sensor dalam suatu rangkaian pensaklaran.

Macam Dioda


5. Dioda Varactor
Dioda Varactor disebut juga Dioda Kapasitas.  Komponen ini mempunyai kapasitas keluaran yang dapat berubah-ubah sesuai dengan tegangan atau arus masukan, artinya kapasitas tegangan atau arus  yang keluar berbanding terbalik dengan tegangan yang diterima dioda ini. Dioda banyak digunakan pada rangkaian penerima televisi dan penerima radio terutama pada bagian pengaturan suara.

Macam Dioda


6. Dioda Schottky atau lebih dikenal dengan SCR
SCR adalah singkatan dari Silicon Control Rectifier terbuat dari bahan semikonduktor, kegunaan atau fungsi SCR adalah sebagai pengendali atau swiching control dan banyak digunakan pada alat kontrol kelistrikan. Ada beberapa jenis SCR lainnya yang berguna untuk swiching control dan remote control namanya DIAC dan TRIAC yang akan dijelaskan pada kesempatan yang lain


Macam Dioda



Simbol Macam Dioda


Macam Dioda


Macam Dioda
Macam Dioda

Macam Dioda
Macam Dioda
Macam Dioda


Demikian tulisan saya Tentang Dioda dan insya Allah akan saya sambung lagi dengan penjelasan tentang komponen lainnya seputar Ilmu Elektronika ini. Semoga ada guna dan manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam Dioda"