Mengenal Hardware Komputer

Mengenal Hardware Komputer


Mengenal Hardware Komputer adalah suatu langkah wajib yang perlu dilakukan seseorang jika ingin mengetahui tentang seluk beluk komputer terutama bagi sobat yang baru kenal komputer dan ingin mendalami perangkat tersebut.

Komputer sendiri terdiri dari dua bagian yaitu Hardware dan Software. Hardware menurut bahasa kita adalah perangkat keras yaitu sebuah perangkat yang bentuk fisiknya bisa dilihat dan diraba yang terdiri dari susunan komponen elektronika dalam sebuah papan tercetak. Dan dari beberapa hardware ini kemudian di dirangkai atau digabungkan hingga menjadi satu kesatuan yang selanjutnya disebut dengan personal komputer (PC). Sedangkan Software adalah sebuah perangkat lunak yang terdiri dari susunan data yang sangat banyak jumlahnya yang diisikan atau dibenamkan atau diinstall ke dalam sebuah komputer.

Mengenal Hardware Komputer juga sebuah keharusan bagi seseorang yang ingin merakit sendiri sebuah PC atau bagi seseorang yang ingin sekali menjadi teknisi komputer. Dan dalam kesempatan kali ini saya hanya menyampaikan tentang hardware dan fungsinya saja sedangkan untuk software akan saya coba dikesempatan yang lain. Dan selanjutnya langsung kita simak saja beberapa hardware seperti dibawah ini

1. Motherboard

Disebut juga Mainboard adalah komponen utama atau induk dari sebuah PC dimana pada perangkat ini banyak terdapat slot-slot untuk menempatkan atau menghubungkan komponen hardware lainnya baik terhubung langsung atau menggunakan kabel. Bentuk fisik dari motherboard secara umum persegi empat dan komponen yang paling besar dibanding komponen pendukung lainnya.

2. CPU (Central Processing Unit)

Dikenal juga dengan Processor, fungsi perangkat ini sebagai otak daripada komputer , yang bertugas memproses dan mengolah semua kalkulasi data dan perintah-perintah sehingga membuat komputer bisa dioperasikan. Pekerjaan yang berat ini membuat CPU menjadi cepat panas, oleh karena itu komponen ini dilengkapi dengan lempeng pendingin atau heatsink dan ditambah dengan mini fan yang direkatkan pada komponen tersebut.

3. RAM (Random Acces Memory)

Fungsi dari RAM adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara dalam operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. Artinya RAM menyimpan data hanya atau sewaktu software menjalankan operasi atau saat dibutuhkan sebelum akhirnya data disimpan ditempat penyimpanan yang sebenarnya. Jadi penyimpanan yang dilakukan di perangkat RAM ini sifatnya tidak permanen. Kapasitas memory yang saya ketahui tersedia mulai 256 MB s/d 16 GB.

4. Harddisk (HDD)

Harddisk ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan utama atau tempat penyimpanan yang sebenernya dalam system komputer, baik untuk penyimpanan Operating System, Aplikasi maupun data atau dokumen lainnya. Pada PC terbaru sudah ada yang menggunakan perangkat keras jenis lainnya yang fungsinya sama dengan HDD, namanya dikenal dengan SSD (Solid State Drive). Untuk memory jenis ini menawarkan kecepatan transfer data lebih tinggi dibanding dengan HDD.

5. VGA (Video Graphic Array)

VGA Card atau perangkat keras yang satu ini kalau bahasa kita menyebutnya kartu grafis adalah sebuah penghubung yang memungkinkan melakukan transfer data-data grafis antara komputer dengan perangkat tampilan atau display seperti monitor dan proyektor sehingga kualitas tampilan menjadi semakin baik dan tajam. Pada komputer masa sekarang sudah banyak yang menggunakan motherboad dengan VGA internal atau VGA yang sudah terintregrasi. Tetapi jika sobat tidak menyukai VGA yang terintregrasi atau dengan kata lain tidak puas dengan kondisi seperti itu, sobat masih bisa memasang VGA eksternal tanpa kesulitan karena motherboard juga masih menyediakan slot untuk keperluan tersebut.

6. Optical Drive

Perangkat ini dikenal juga dengan CD Drive, DVD Drive atau ODD adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media masukan atau pembaca dan memungkinkan untuk penyimpanan data dari atau ke media cakram optik CD, DVD dan juga Blue-Ray Disk.

7. PSU (Power Supply Unit)

Perangkat ini adalah sumber tenaga yang mampu menghidupkan komputer, perangkat ini yang merubah tegangan dari listrik arus kuat (PLN) ke tegangan atau energi listrik lebih rendah hingga dapat menjalankan kinerja komponen komputer 

8. Monitor

Sebelum melanjutkan saya sampaikan dulu untuk poin nomer 1 s/d 7 adalah perangkat keras yang penempatannya berada di dalam box atau casing PC atau komputer, untuk poin nomer 8 dan seterusnya adalah perangkat yang dipergunakan diluar casing.
Monitor adalah perangkat yang berfungsi memberikan tampilan data dari PC atau komputer baik dalam bentuk tulisan, gambar diam, dan gambar bergerak atau informasi grafis lainnya yang dihasilkan oleh perangkat keras VGA. Sobat bisa memilih jenis monitor sesuai dengan keinginan, bisa tabung atau LCD.

9. Speaker Aktif

Alat ini adalah pengolah suara yang dihasilkan dari output suara dari PC sehingga bisa terdengar di telinga kita.

10. Keyboard dan Mouse

Perangkat yang ini fungsinya untuk mengendalikan PC atau komputer seperti pengetikan dan mengarahkan cursor dan lainnya. 

11. UPS (Uninterruptable Power Supply)

Perangkat ini berfungsi sebagai sumber tenaga / batery cadangan. Fungsi utamanya menyimpan dan memberikan tegangan cadangan pada saat sobat mengalami Listrik PLN di tempat sobat padam. Kegunaan lainnya dari UPS adalah sebagai stabilizer atau penyetabil tegangan

12. Printer Dan Scanner

Printer pastinya sobat sudah tahu semua yaitu berfungsi sebagai media cetak dari dokumen baik berupa text ataupun grafis. Sedangkan Scanner adalah sebagai pemindai input komputer ke bentuk data elektronik atau digital

13. Sound Card

Perangkat ini sebagai penghubung audio tambahan yang memungkinkan tranfer audio dari komputer ke speaker dengan kualitas yang lebih baik

14. Modem

Perangkat atau alat yang fungsinya menghubungkan PC atau Komputer ke jaringan internet

Dalam Mengenal Hardware Komputer  sebenarnya masih banyak yang tidak saya sebutkan, tetapi Hardware utama dan Hardware pendukung seperti saya sampaikan diatas sobat sudah bisa mengetahui tentang komponen komputer dan sekaligus merakitnya. Untuk tulisan tentang cara merakit komputer akan saya sampaikan di lain kesempatan. Dan kiranya cukup disini dulu tulisan saya kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Hardware Komputer"