Pengertian Root Pada Android


www.edipurwanto2.com



Pengertian Root

Dalam dunia komputer istilah root tentunya sudah sering kita dengar, dan dalam dunia smart phone istilah root atau pengertian root juga sudah mulai tidak asing lagi, tetapi banyak pula yang masih bingung dengan apa yang di maksud dengan root dalam dunia android. Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan root tersebut ?
Melakukan root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna smart phone, tablet, dan perangkat lain yang berbasis pada sistem operasi Android untuk mendapatkan high control (yang sangat populer dengan sebutan "akses root") pada berbagai subsistem Android.
Karena Menurut para pakar komputer Android menggunakan kernel Linux, maka proses ini memberikan akses ke dalam hak administratif seperti pada Linux atau sistem operasi yang mirip dengan Linux, seperti FreeBSD atau OS X.

Proses melakukan root ini dilakukan untuk mendapatkan hak akses lebih tinggi atau lebih luas dari pada akses yang diberikan atau yang di perbolehkan oleh pabrik perangkat lunak pada beberapa perangkat dengan batasan tertentu atau dengan kata lain hanya dengan akses standart. Oleh karena itu, proses ini akan memberikan keleluasaan (atau hak akses) untuk mengganti aplikasi sistem dan pengaturannya, menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan izin administrator, atau menjalankan operasi lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna Android awam . Pada Android, proses melakukan root juga membantu penghapusan dan pengganti sistem operasi piranti secara penuh, umumnya dengan rilis terbaru dari sistem operasi tersebut.


Keuntungan  Root Pada Android

Keuntungan Root Android itu sebenarnya banyak sekali, manfaat yang di berikan juga tidak sedikit. Mengapa demikian?  Karena Root adalah akar atau inti dari system yang dapat mengontrol semua kinerja yang ada di perangkat android kita dan tentunya kita juga bisa mengeksekusi aktifitas kerja tersebut tanpa membutuhkan perangkat tambahan apapun dan pastinya tanpa syarat macam-macam. Dengan melakukan Root pada System Operasi Android, sobat akan memiliki hak akses penuh terhadap Android yang sobat miliki, sebagai contoh kita bisa mengganti tampilan saat Booting atau Reboot atau kita juga bisa Change Data Aplikasi ke Micro SD dan seterusnya. Bahasa kasarnya kita bisa dengan leluasa mengobok-obok atau  memodifikasi perangkat android kita. Dalam bahasa ilmiahnya Fungsi Root Android adalah  untuk merubah keseluruhan system Android kita,  termasuk Custom Rom Android kita dengan versi yang kita inginkan dan lain sebagainya

Kerugian Root Pada Android

Kekurangan atau kerugian Root Android, beberapa akibat yang cukup ekstrim bagi android kita adalah yang pertama Garansi HP Android hilang, jika sobat ingin melakukan Root maka sobat harus berani merelakan Garansi HP android anda hilang Karena semua vendor ponsel mengatakan hahwa HP android yang telah di buka systemnya atau Rooting maka akan hilang masa garansinya, Jadi kalau android kita menjadi atau terjadi kerusakan karena akibat dari rooting atau perubahan system dari langkah langkah setelah root, maka kita tidak akan di berikan hak garansi dari Vendor, artinya vendor tidak mau bertanggung jawab terhadap perlakuan kita tersebut. Untuk kerugian yang kedua adalah rawan atau sangat mudah sekali terserang Virus dan Malware:Tetapi sobat tak perlu cemas karena semua itu masih bisa diatasi. Karena status sudah Open Source jadi semua file yang terdetek virus akan bisa kita hapus langsung tanpa menggunakan Anti Virus sekalipun. Kerugian ketiga adalah Bootloop Android. Bootloop adalah kemungkinan yang terjadi dalam proses root. Maka sobat juga harus berani dan siap menanggung akibat gagal Fungsi atau Bootloop tersebut, Android sobat bisa saja gagal fungsi bila systemnya ktia ganti atau kita edit, maka kita dituntut untuk exstra hati hati dalam merubah atau koreksi data. Maka dari itu bekali dulu diri sobat dengan artikel seputar root hingga sobat benar benar memahaminya dan sobat akhirnya bisa memastikan apakah benar benar ingin melakukan root atau tidak. Mencoba adalah baik dan sah tapi coba coba tanpa didasari pengetahuan yang cukup adalah kecerobohan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Cara Root Untuk Semua Jenis Android

Untuk melakukan rooting di perlukan aplikasi pendukung dan saya akan menjelaskan beberapa aplikasi yang banyak digunakan dan cukup powerfull dalam melakukan rooting dan bisa di lakukan siapapun termasuk yang masih awam sekalipun, aplikasinya adalah Kingroot, Framaroot, Root Master, dan KingoApp.

Untuk melakukan root sobat bisa nenggunakan aplikasi yang paling mudah menurut sobat tetapi pastikan sebelumnya semua data telah di back up terlebih dahulu dan sisa baterai minimal 50% atau hubungkan saja colokan charger selama proses root, 

NOTE : agar smartphone sobat bisa menginstal aplikasi pihak ketiga silahkan buka setting >> security >> centang Unknown Sources

1. Root Android Memakai Kingroot

Install dulu aplikasi Kingroot sampai selesai, setelah instalasi selesai, sobat akan melihat aplikasi KingRoot yang terinstal di menu aplikasi. Jalankan KingRoot, setelah Aplikasi KingRoot terbuka sobat akan melihat seperti pada layar, model Hp kamu akan tertera.


www.edipurwanto2.com

Sekarang, klik  tombol START ROOT untuk mememulai proses root ( untuk menjalankan proses root internet harus aktif). Tunggu beberapa saat hp anda kini dalam proses root, estimasi waktu 1 sampai 3 menit, setelah proses root selesai anda akan melihat tanda centang hijau seperti pada layar dibawah ini, berarti perangkat kamu sudah berhasil di root.

www.edipurwanto2.com

Langkah terakhir restart dan sobat akan melihat aplikasi Kinguser telah terinstal yang memungkinakan anda untuk melakukan akses root dengan mudah.


2. Root Android Memakai Framaroot

Salah satu cara yang banyak digunakan oleh pengguna android, karena aplikasi yang satu ini cukup mudah dan caranya hampir sama dengan langkah yang pertama.

Pertama tama instal Framaroot. Buka aplikasi Framaroot selanjutnya pilih Instal Super User atau Instal SuperSU tetapi saya sarankan pilih saja SuperSU saja.

www.edipurwanto2.com

Selanjutnya sobat akan di hadapkan 2 buah pilihan lagi yaitu Gandalf dan Aragorn pilih saja gandalf, lalu tunggu beberapa menit sampai proses selesai dan jika tampilan di bawah ini sudah muncul tandanya proses root berhasil, terakhir restart android kemudian sobat akan menemukan aplikasi SuperSU atau Super User sudah terinstal.

3. Root Android Menggunakan Root Master

Instal aplikasi Root Master pilih yang kompatibel dengan type android sobat, lalu klik Root, jika muncul sebuah notifikasi untuk menginstal speed booster, pilih batal, lalu tunggu beberapa saat sampai proses selesai, jika sudah selesai maka akan tampil pesan seperti gambar di bawah ini.

www.edipurwanto2.com


www.edipurwanto2.com


www.edipurwanto2.com

langkah terakhir restart smartphone sobat dan selesai

4. Root Android Menggunakan KingoApp

Untuk root android menggunakan KingoApp hanya bisa di lakukan lewat Komputer, langkah awal instal KingoApp sampai selesai, setelah proses instalasi selesai hubungan USB Android sobat dengan mode USB Debungging sampai smartphone terdeteksi oleh aplikasi ini. untuk mengaktifkan mode usb debungging masuk ke Settings => Developer Options.

Selanjutnya tekan tombol Root

untuk perlu diingat jangan pernah sekali-kali mencabut USB ketika sedang dalam proses karena bisa fatal akibatnya dan tunggu sampai proses selesai dan restart android sobat dan jika aplikasi super user atau superSU sudah ada berarti Root telah benar-benar selesai.

Demikian tulisan saya tentang pengertian root pada android dan sekilas cara root, untuk cara Root yang lebih detail akan saya sampaikan di tulisan saya yang selanjutnya di Komputer Dan Elektronika ini, semoga ada guna dan manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Root Pada Android"