Hal Yang Baru di Microsoft Excel 2007

Hal Yang Baru di Microsoft Excel 2007

Pada tutorial Belajar Microsoft Excel 2007 disini menyebutnya dengan hal baru pada Microsoft Excel 2007 karena menu-menu Excel 2007 seperti tersebut dibawah tidak tersedia dan tidak ditemukan di Microsoft Excel sebelumnya yaitu Microsoft Excel 2003. Perubahan baru yang dimaksud sudah disusun seperti berikut :

Menu ribbon Microsoft Excel 2007

View Menu / Tampilan Menu

Pada Toolbar Microsoft Excel 2007 anda akan melihat banyak perubahan, tidak ditemukan lagi drop down menu. Sepertinya ini adalah perubahan paling menonjol yang bisa dirasakan oleh pengguna excel. Tampilan menu pada Excel 2007 selanjutnya dikenal dengan nama ribbon yang bisa menampung lebih banyak perintah, sehingga mempermudah penggunaan Microsoft Excel. Menu view /Tampilan ribbon terdiri dari beberapa tab, disetiap tab terdapat beberapa group perintah.

Row and Column

Microsoft Excel 2007 memiliki 1 juta baris (row) dan 16 ribu kolom (column), tepatnya 1.048.676 baris dan 16.384 kolom. Dibandingkan dengan Excel 2003 jumlah baris meningkat 1.500% dan jumlah kolom meningkat 6.300%. Jika pada versi Excel 2003 kolom berakhir di IV maka pada versi 2007 berakhir di XFD.

Theme dan Style

Microsoft Excel 2007 menawarkan  banyak theme dan style sehingga memudahkan pengguna untuk membuat style atau mempercantik dokumen excel.

Conditional Formatting yang Lebih Baik

Pada Versi Microsoft Excel 2007 pengguna bisa menggunakan conditional formatting yang lebih baik dan lebih cepat, termasuk penggunakan warna gradient yang bisa mencerminkan nilai dari suatu data.

Sorting dan Filtering

Microsoft Excel 2007 melakukan perbaikan pada menu sorting dan filtering dengan memberikan cara bagaimana melakukan pengurutan dan penyaringan data yang lebih baik dan lebih cepat.

Writing Formula

Writing / Penulisan Formula yang Lebih Mudah Microsoft Excel. Formula Bar pada Microsoft Excel 2007 bisa melebar secara otomatis jika formula yang dituliskan panjang dan komplek, sehingga mempermudah melakukan pengecekan formula jika ada masalah.

Function Auto Comple

Yaitu menu yang mempermudah penulisan formula dan menghindari kesalahan penulisan formula.

Perbaikan Pada Tabel Excel

Tabel pada Microsoft Excel 2007 mendapatkan perbaikan yang signifikan. Perbaikan yang dilakukan adalah adanya header table, calculated column, automatic autofiltering, structured references, total rows dan table styles.

Pivot Table

Pivot table di Microsoft Excel 2007 lebih mudah digunakan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Jika sebelumnya harus menggunakan drag and drop untuk menghasilkan pivot table, maka di excel 2007 hanya dengan klik maka pivot table bisa terbentuk. Selain itu ada perbaikan pada fasiltas pengurutan dan penyaringan data, conditional formatting, pivot table style dan PivotChart.

Itulah beberapa hal yang baru pada Microsoft Excel yang bisa dinikmati pengguna. Selanjutnya anda bisa melanjutkan pemahaman dasar-dasar Microsoft Excel 2007 tentang apa yang dimaksud dengan interface pada Microsoft excel 2007 yang termasuk bagian dari Belajar Microsoft Excel Tahap 1.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hal Yang Baru di Microsoft Excel 2007"